-
20 Januari 2023 9:15 am

Mana yang lebih penting, merawat kulit dari dalam atau dari luar?

Mana yang lebih penting, merawat kulit dari dalam atau dari luar?


Banyak yang bilang kalau kecantikan hanya ada di luar permukaan; tapi apa yang ada "di dalam" itu lebih penting. Bagian dalam kulit kita memang penting, tetapi kulit luar kita adalah garis pertahanan pertama kita melawan dunia luar. Kulit kamu juga dapat memberikan petunjuk penting tentang kesehatan kamu secara keseluruhan loh.

struktur kulit manusia
struktur kulit manusia
Kulit melindungi tubuh kamu dengan berbagai cara. "Kulit memberikan penghalang pelindung terhadap bakteri dan bahaya lingkungan lainnya yang dapat menimbulkan risiko kesehatan," kata Dr. Heidi Kong. Kulit juga memainkan peran lain, kulit berisi saraf yang membuat kamu merasakan suatu benda terlalu panas atau terlalu tajam sehingga kamu dapat dengan cepat menghindar dari benda itu.

Kulit sebagai penanda kesehatan

Kelenjar keringat dan pembuluh darah kecil di kulit membantu mengatur suhu tubuh. Sel-sel kulit kamu mengubah sinar matahari menjadi vitamin D, yang penting untuk kesehatan tulang. Kulit juga bisa memperingatkan masalah kesehatan. Ruam merah dan gatal bisa menjadi tanda alergi atau infeksi, dan "ruam kupu-kupu" merah di wajah kamu bisa menjadi tanda lupus. Kuning dapat mengindikasikan penyakit hati. Dan tahi lalat gelap atau tidak biasa bisa menjadi tanda peringatan kanker kulit.


ruam merah pada kulit
ruam merah pada kulit
Kamu perlu memperhatikan perubahan kulit yang tidak terduga seperti ini dan jangan ragu untuk membicarakan dengan dokter jika kamu khawatir terjadi apa apa dengan kulitmu. Kulit kamu bisa menjadi terlalu kering jika kamu tidak minum cukup air atau menghabiskan terlalu banyak waktu di tempat yang cerah atau kering.

"Meskipun mencuci tangan penting untuk kebersihan yang baik, mencuci tangan secara berlebihan juga dapat bikin kulit kering," kata Dr. Kong, terutama jika kamu mencuci dengan air panas dan sabun berbahan kimia berbahaya.

Berbicara soal mencuci tangan, memilih sabun yang tepat untuk kulit juga penting loh. Pastikan sabun yang kamu gunakan bebas dari bahan kimia berbahaya seperti sabun natural Sudamala dengan kandungan bahan-bahan natural yang aman untuk semua jenis kulit bahkan kulit sensitif sekalipun.
Menggunakan lotion atau krim pelembab seperti Body Butter Sudamala bisa menjadi alternatif untuk merawat kulit kering kamu. Kamu juga bisa menggunakan air hangat sebagai pengganti air panas saat mencuci wajah dan mencuci tangan. kamu juga bisa loh mencoba menggunakan humidifier agar udara di rumah kamu tidak terlalu kering.

Matahari: pisau dua mata


vitamin D
vitamin D
Jangan salah, selain manfaat positifnya yang mengandung vitamin D, Sinar matahari juga dapat merusak kulit kamu. Sinar matahari mengandung sinar ultraviolet (UV) yang bikin kulit kamu terbakar dan menua lebih cepat, bikin lebih banyak kerutan seiring bertambahnya usia.

Dr. Kong menambahkan: “Ada hubungan yang kuat antara paparan sinar UV dan kanker kulit. Lindungi kulit kamu dari sinar matahari. Pakai topi dan pakaian pelindung lainnya, gunakan tabir surya dengan sun protection factor (SPF) minimal 30, dan batasi paparan sinar matahari pada pagi dan sore hari saat matahari terik.“
Banyak ilmuwan kulit seperti Dr. Kong mempelajari mikrobioma kulit, bakteri, dan organisme mikroskopis lainnya yang hidup di kulit kamu. Beberapa bakteri ini dapat bermanfaat. Bahkan banyak bukti yang menunjukkan kalau mereka mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan membuat kamu tetap sehat.
Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
6281991634154
6282115907414
tech.sudamala@gmail.com
Metode Pengiriman
-
-
-
-
Rekomendasi Kesehatan Kulit
`Subscribe
@2024 Sudamala Inc.