-
20 Januari 2023 9:02 am

Apa itu psoriasis dan apakah bisa diobati?

Apa itu psoriasis dan apakah bisa diobati?

Apa itu psoriasis dan apakah bisa diobati?


Psoriasis adalah penyakit kulit kronis yang dimediasi autoimun yang menyebabkan bercak merah/merah muda, bersisik, dan mengelupas pada tubuh. Muncul biasanya pada bagian lutut, siku, dan kulit kepala, tetapi juga dapat muncul di kelopak mata, telinga, tangan, dan kaki. Bercak luka psoriasis bisa berupa beberapa bercak kecil di satu tempat di tubuh atau di banyak area sekaligus.
Penyakit kulit ini tidak menular dan dapat muncul pada usia berapa pun, dengan puncaknya antara usia 15-25 dan 50-60 tahun. Pria, wanita, dan anak-anak bisa terkena psoriasis dan berasal dari ras apa pun.
Sekitar sepertiga orang dengan psoriasis juga memiliki anggota keluarga dengan kondisi kulit yang sama. Psoriasis bertahan pada tubuh sepanjang hidup, dengan tingkat keparahan yang tidak menentu.

Mempelajari psoriasis lebih mendalam


Psoriasis adalah suatu kondisi di mana sel T pada tubuh menjadi terlalu aktif untuk menghasilkan sel kekebalan tubuh yang akhirnya memicu respons peradangan kulit. Proses pertumbuhan sel T yang terlalu aktif ini mengakibatkan sel-sel kulit normal tumbuh dan mengelupas secara alami setiap empat minggu.
Pada psoriasis, sel-sel kulit terus tumbuh di atas sel-sel kulit yang lebih tua sebelum menghilang sepenuhnya. Hal ini dapat menyebabkan gatal atau perih di bawah tumpukan kulit yang terbentuk. Rasa gatal biasanya ringan, tetapi dalam kasus yang parah dapat menyebabkan kulit retak atau celah dari garukan.
Saat bercak psoriasis menghilang, biasanya akan meninggalkan bercak coklat atau pucat yang dapat memudar selama beberapa bulan. Gejala psoriasis bervariasi dari orang ke orang, seperti:
  • Bercak merah, bersisik dengan sisik keperakan yang tebal yang dapat berkisar dari beberapa titik hingga area yang luas
  • Bercak bersisik kecil, sering terlihat pada anak-anak
  • Kulit kering dan pecah-pecah bisa disertai dengan pendarahan
  • Tumpukan kulit gatal, terbakar, dan nyeri dapat disertai dengan rasa sakit
  • Kuku menebal, bergerigi atau berubah warna
  • Pembengkakan sendi disertai rasa kaku

Psoriasis wajah


psoriasis pada wajah
psoriasis pada wajah
Jenis psoriasis ini mempengaruhi area wajah mana pun, termasuk telinga, alis, bibir, hidung, dan dahi. Jenis ini mempengaruhi sekitar sepertiga penderita psoriasis.

Psoriasis Kulit Kepala


psoriasis di kepala
psoriasis di kepala
Psoriasis ini mempengaruhi garis rambut, kulit kepala, belakang leher dan di dahi.

Tangan, kuku, dan/atau kaki

psoriasis pada tangan
psoriasis pada tangan

Psoriasis yang mempengaruhi telapak tangan dan/atau telapak kaki. Antara 12% dan 16% orang dengan psoriasis memiliki psoriasis telapak tangan.

Lipatan kulit

Kulit di bawah lengan dan dada juga dapat dipengaruhi oleh psoriasis. Area ini sering teriritasi oleh gesekan dan keringat.

Psoriasis genital

Hingga dua pertiga orang dengan psoriasis memiliki psoriasis genital di beberapa titik dalam hidup mereka. Psoriasis genital cukup umum dan dapat mempengaruhi kulit area genital, serta paha bagian dalam dan atas. Oleh karena itu, rencana perawatan psioriasis mungkin berbeda tergantung pada jenis psoriasis yang kamu alami.

...

Apa yang menyebabkan psoriasis?

Meskipun penelitian masih berlangsung untuk menentukan penyebab pasti psoriasis, sistem kekebalan tubuh dan genetika memainkan peran penting. Namun, sebagai kondisi kulit yang kompleks, psoriasis dapat berkembang bahkan tanpa adanya riwayat keluarga dengan kondisi tersebut. Suatu kelainan kondisi tertentu pada sel tubuh dapat memicu perubahan dalam sistem kekebalan tubuh dapat menyebabkan timbulnya psoriasis.
Pemicu psoriasis bervariasi di setiap orang, beberapa pemicunya antara lain:
  • Stres
  • Penyakit dari infeksi bakteri, virus atau jamur
  • Akibat dari penggunaan obat tertentu (seperti beta-blocker, lithium dan antimalaria)
  • Kerusakan kulit (misalnya terbakar sinar matahari, lecet, gigitan serangga)
  • Cuaca
  • Alergi
  • Kulit kering
  • Minum minuman keras
  • Obat-obatan untuk merokok
  • Penghentian tiba-tiba steroid oral atau kortikosteroid topikal yang kuat
  • Makanan tertentu
  • Kekurangan vitamin

...

Pengobatan psoriasis

Selalu minta saran dari dokter atau dokter kulit kamu untuk mendiskusikan pilihan rencana perawatan yang paling sesuai dengan kebutuhan kulit yang kamu alami.
kamu mungkin perlu mencoba beberapa opsi atau kombinasi yang berbeda pada saat yang sama tergantung pada tingkat keparahan psoriasis yang kamu alami. Apa yang berhasil untuk beberapa orang mungkin tidak berhasil untuk orang lain, jadi perlu sedikit trial and error sebelum kamu menemukan metode yang tepat.
Tujuan dari perawatan psoriasis adalah untuk memperlambat pertumbuhan sel kulit dan menghilangkan sisik dari plak. Pilihannya termasuk krim/salep, terapi cahaya (fototerapi), atau obat-obatan. Tindakan perawatan diri di rumah juga dianjurkan untuk membantu meringankan gejala psoriasis. Berikut adalah lima tips yang dapat kamu mulai praktekkan sekarang:

Jaga agar kulit selalu terhidrasi dengan baik.

Mengoleskan pelembab seperti Body Butter Sudamala setelah mandi ke kulit yang sedikit lembab akan membantu mengunci kelembaban yang sangat dibutuhkan. Oleskan kembali Body Butter sesuai kebutuhan sepanjang hari.

kamu bisa mencoba Body Butter Sudamala untuk merawat psoriasismu, karena kandungan shea butter pada Body Butter Sudamala berfungsi sebagai emolien yang bermanfaat untuk merawat psoriasis pada kulitmu.

Kurangi penggunaan sabun dengan bahan kimia berbahaya.

Kamu bisa mulai menggunakan sabun natural seperti sabun natural sudamala. Penggunaan sabun natural membuat kamu terhindar dari paparan bahan kimia berbahaya, yang dapat menyebabkan kulit yang terkena psoriasis meradang dan gatal.

Juga, hindari penggunaan AC terlalu lama karena dapat mengeringkan kulit kamu yang akan memperparah psoriasis pada kulit.

Mandi secara teratur dalam air hangat dengan garam Epsom, oatmeal, susu, atau minyak zaitun.


Bahan - bahan ini dapat menenangkan bercak psoriasis yang gatal dan meradang. Pastikan airnya tidak terlalu panas dan selalu keringkan kulit dengan handuk berbahan lembut.

Suplemen dan pola makan.


Menurut National Psoriasis Foundation, minyak ikan, vitamin D, lidah buaya, anggur Oregon, dan milk thistle membantu meringankan gejala psoriasis ringan. *Selalu konsultasikan dengan dokter kamu sebelum mengambil segala bentuk suplemen makanan untuk memastikan mereka tidak mempengaruhi kondisi kesehatan lainnya.

Makan makanan anti-inflamasi


Makanan anti-inflamasi sangat membantu dalam mengendalikan gejala psoriasis. Termasuk ikan air dingin, kacang-kacangan dan banyak buah dan sayuran segar. Batasi konsumsi daging merah, lemak jenuh, gula rafinasi, dan alkohol, karena ini diketahui memicu flare-up. Minyak zaitun juga merupakan bahan yang bagus untuk mengobati psoriasis kulit kepala, coba untuk memijat beberapa sendok makan minyak zaitun langsung ke kulit kepala kamu saat mandi.

Hindari parfum.


Secara umum, apa pun yang berbau terlalu harum adalah mimpi buruk bagi kulit sensitif seperti psoriasis. Pewarna dan bahan kimia lainnya yang digunakan dalam sabun tradisional, deterjen, dan parfum akan semakin mengiritasi kulit kamu.

Berjemur secukupnya.


Sinar matahari alami dalam jumlah yang terkontrol dapat memperbaiki psoriasis, tetapi terlalu banyak sinar matahari dapat memicu atau memperburuk flare-up, jadi lakukan berjemur secukupnya antara 10 hingga 15 menit di bawah sinar matahari, sambil melindungi area yang terkena dengan topi, pakaian, atau tabir surya dapat membantu mengurangi plak.

Terapi cahaya (fototerapi).


Terapi sinar ultraviolet di bawah pengawasan dokter kulit. Sinar ultraviolet dapat membantu memperlambat pertumbuhan sel-sel kulit yang disebabkan oleh psoriasis. Terapi cahaya biasanya membutuhkan sesi perawatan yang teratur dan rutin.

yang terpenting, jaga kesehatan mental

Psoriasis adalah penyakit kulit sistemik yang dapat berdampak negatif pada kestabilan mental. Rasa gatal kronis, rasa malu, dan stigma sosial yang dialami penderita psoriasis dapat menyebabkan perasaan kesepian, was was, cemas, dan depresi.
Sebuah studi menunjukkan bahwa psoriasis juga terkait dengan kondisi kesehatan mental lainnya, termasuk gangguan bipolar dan skizofrenia. Psoriasis adalah kondisi kulit yang sangat serius yang memerlukan perawatan ekstra, karena dapat berdampak pada kerusakan psikologis yang berdampak mengganggu kehidupan normal sehari-hari.
Stres dapat memperburuk psoriasis. Oleh karena itu, mengendalikan tingkat stres sangat penting dalam hal pengobatan psoriasis. Jika kamu atau orang yang kamu sayangi memiliki kondisi kulit ini, mungkin kamu perlu mempertimbangkan sesi konseling atau berbicara dengan psikolog. Mengoptimalkan rutinitas perawatan diri yang konsisten juga akan bermanfaat untuk mengelola stres dan menjaga kesehatan mental kamu.
Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
6281991634154
6282115907414
tech.sudamala@gmail.com
Metode Pengiriman
-
-
-
-
Rekomendasi Kesehatan Kulit
`Subscribe
@2024 Sudamala Inc.