-
29 Januari 2023 11:48 pm

7 OBAT ALAMI REDAKAN EKSIM

7 OBAT ALAMI REDAKAN EKSIM
Kalau kamu penderita eksim, kamu pasti paham rasanya mencoba berbagai macam cara untuk mengatasi gatal yang mengganggu. Sayangnya, gak semua produk yang kamu coba cocok buat kulit kamu.

Salah pilih produk bikin kulit jadi iritasi bahkan luka. Tapi jangan khawatir, tanpa harus menggunakan produk-produk kimia yang buat kamu khawatir takut makin parah, kamu bisa coba solusi alami yang bisa kamu aplikasikan di rumah.

7 obat alami redakan Eksim

Ini adalah 7 bahan alami yang bisa jadi obat alami redakan eksim:

1. Oatmeal koloid


oatmeal koloid
oatmeal koloid

Oatmeal koloid terbuat dari gandum yang digiling halus. Oatmeal ini bisa membantu menenangkan dan melembutkan kulit yang meradang. Kamu bisa menemukan oatmeal koloid di supermarket yang biasanya tersedia dalam bentuk krim atau bubuk.
Nah, berikut ini cara menggunakannya:Tambahkan bubuk ke air mandi hangat dan rendam selama 10-15 menit, lalu mandi seperti biasa. Setelah mandi, tepuk-tepuk kulit hingga kering dan oleskan lapisan tebal pelembab alami seperti Body Butter Sudamala. Oatmeal koloid ini dapat membantu kamu untuk melembutkan kulit kasar dan meredakan gatal.

2. Minyak evening primrose


minyak evening primrose
minyak evening primrose

Minyak evening primrose berasal dari tanaman evening primrose. Minyak ini bermanfaat untuk menenangkan kulit yang teriritasi. Minyak evening primrose mampu membantu mengobati kondisi peradangan sistemik seperti eksim.
Minyak evening primrose mengandung asam lemak omega-6 dan asam gamma-linoleat, yang berperan penting dalam mencegah peradangan dalam tubuh.
3. Minyak kelapa

minyak kelapa
minyak kelapa

Menurut National Eczema Association, sifat antibakteri minyak kelapa dapat mengurangi bakteri Staphylococcus pada kulit hingga membantu mencegah infeksi.
Ini penting bagi penderita eksim, karena bercak kulit yang meradang dapat retak dan mengeluarkan cairan, yang membuat bakteri masuk ke jaringan dalam kulit.
Tapi perlu diperhatikan, pilih minyak kelapa murni atau minyak kelapa yang bebas bahan kimia. Supaya kulitmu tetap terjaga dan juga terhindar dari iritasi.
4. Minyak bunga matahari

minyak bunga matahari
minyak bunga matahari

Minyak bunga matahari merupakan hasil ekstraksi dari biji bunga matahari. Menurut penelitian, minyak bunga matahari berguna untuk melindungi lapisan luar kulit, membantu mempertahankan kelembapan dan mencegah masuknya bakteri ke jaringan kulit dalam.
Minyak bunga matahari juga mampu mengurangi rasa gatal dan peradangan pada kulit penderita eksim. Cara menggunakannya juga sederhana, kamu bisa oleskan langsung ke kulit. Untuk hasil maksimal, kamu bisa oleskan minyak bunga matahari setelah mandi saat kulitmu masih lembab.
5. Witch Hazel

witch hazel
witch hazel

Witch hazel adalah astringen yang terbuat dari kulit kayu dan daun semak witch hazel. Menariknya, Witch Hazel ini telah digunakan selama berabad-abad sebagai pengobatan dermatitis loh.
Witch Hazel dipercaya mampu membantu menenangkan kulit yang meradang, mengeringkan area luka, hingga meredakan gatal.
6. Teknik relaksasi

meditasi
meditasi

Jangan pernah remehkan stres. Stres adalah pemicu umum eksim atau bisa membuat eksim menjadi semakin parah karena stress punya peran dalam perkembangan peradangan kulit.
Mengelola stress dapat membuat bukan hanya pikiran, namun juga fisik menjadi lebih tenang. Beberapa teknik relaksasi bisa membantu kamu mengelola stresmu, beberapa teknik relaksasi yang bisa kamu coba antara lain:
  • Meditasi
  • Pengaturan napas
  • Terapi musik
  • Hipnosis
  • Tai Chi
  • Yoga

7. Minyak Pohon Teh

Menurut sebuah penelitian yang diujicobakan pada hewan tahun 2004, menemukan bahwa menggunakan krim minyak pohon teh 10% secara signifikan mengurangi rasa gatal dalam 10 hari.
Hal ini sangat wajar mengingat kandungan antioksidan pada minyak pohon teh yang bermanfaat bagi kulit selain sebagai pelembab juga dapat menenangkan kulit yang sedang iritasi pada penderita eksim.
Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
6281991634154
6282115907414
tech.sudamala@gmail.com
Metode Pengiriman
-
-
-
-
Rekomendasi Kesehatan Kulit
`Subscribe
@2024 Sudamala Inc.